Manfaatkan 57 Menit Dwelling Time Penumpang Di Dalam Kereta

  • Arbi Annaapi Kamil
  • 26 November 2019
  • #DwellingTimePenumpang #Kereta

Sebelumnya terkenal dengan nama PT Kereta Api Indonesia, sejak 2017 PT KAI Commuter Jabodetabek berganti nama menjadi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), 3 hari setelah ulang tahun perusahaan tersebut yang ke-9.

Perubahan nama ini juga mewadahi penugasan penyelenggaraan kereta api komuter yang lebih luas di seluruh Indonesia, sehingga nantinya jalur KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya bukan lagi satu-satunya jalur kereta api perkotaan yang dioperasikan oleh PT KCI. Alternative Media Group pada tahun 2018 dipercaya oleh PT. Kereta Commuter Indonesia sebagai pemegang hak tunggal pengelolaan media di area luar dan dalam gerbong kereta.

AMG bekerja sama dengan KCI karena sebagai penyedia jaringan media iklan melihat potensi untuk menempatkan media iklan dengan exposure yang sangat tinggi seiring dengan terus menigkatnya jumlah pengguna Commuter Line yang hingga saat ini diperkirakan ada sekitar 1 juta penumpang setiap harinya.

AMG menyediakan media iklan yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada audience dengan memanfaatkan dwelling time rata-rata waktu penumpang berada di dalam kereta selama 57 menit. Berdasarkan research yang dilakukan oleh AMG 77% dari pengguna Commuter Line menyadari keberadaan media AMG, sehingga hal ini membuktikan bahwa iklan yang ditayangkan di media AMG dapat meraih perhatian mereka.

Berdasarkan data hasil survey yang dilakukan team riset AMG tercatat: Terdapat lebih dari 1,3 juta pengguna KCI setiap harinya 73% dari pengguna KCI berasal dari kalangan yang memiliki penghasilan tetap  77% dari pengguna KCI menyadari keberadaan media AMG AMG berhasil mendapatkan kepercayaan dari para client dalam memasarkan produk dan jasa nya melalui media OOH di KCI ini, beberapa klien tersebut seperti Nestle, Grab, XL dan Tempo Group yang sampai saat ini masih tetap menjadi loyal advertiser KCI, karena secara nyata telah memberikan pengaruh positif bagi penjualan dan brand image produk dan jasa nya Inovasi  inovasi kreatif dalam menyampaikan pesan produk kepada pasar atau calon pasar di KCI sangat berpengaruh bagi kesuksesan target yang di tetapkan oleh detiap produk atau jasa yang di pasarkan melalui media KCI ini, oleh karena itu AMG selalu beradaptasi dalam menerapkan trend perkembangan media luar ruang di kereta api di dunia agar juga dapat di terapkan di KCI ini, dari wrapping gerbong kereta, 3D konsep di dalam gerbong sampai kepada komunikasi beriklan yang interaktif harus selalu di eksplor lebih dari sisi ktreatif dan efektifitasnya secara berkala agar selalu menjadi yang terkini. (Source: AMG Marketing Research Team)


Share :